Kamis, 21 Januari 2016

MY COUNTRY

INDONESIA

              Indonesia negeri yang terdiri dari banyak pulau, bukan cuma pulaunya, Indonesia juga mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah ruah. bukan dari segi alamnya aja tapi juga masyarakatnya, banyak turis-turis dari luar negeri yang mengakui bahwa indonesia adalah negeri yang ramah tamah, memang gak salah kalau orang luar negeri bilang Indonesia adalah negeri yang ramah karena memang orang Indonesia itu ramah dan selalu melestarikan budaya tolong menolong terhadap sesama.

              Tapi itu Indonesia yang dulu berbeda dengan Indonesia yang sekarang. Dulu Indonesia memang negeri yang hijau, ramah dan alamnya indah, tapi mulai dari era globalisasi Indonesia mulai berubah dari hutan yang mulai gundul, sumber daya alamnya rusak, bahkan masyarakatnya ikut berubah, sekarang mulai jarang masyarakat Indonesia yang mau
menolong dengan tulus, bahkan banyak orang Indonesia yang menolong karena ada imbalannya. kalau dulu Indonesia mengirim dokter ke luar negeri, kini luar negeri yang mengirim dokter atau ahli medis ke Indonesia, yah Indonesia memang masih mengirim tenaga kerja ke luar negeri, tapi bukan ahli medis atau dokter melainkan hanya pembantu atau TKI, yang bahkan diperlakukan tidak baik di negeri orang, Indonesia seakan menjual harga diri bangsa di negeri orang.


               Indonesia memang sangat jauh berbeda dengan dulu. Dulu para pejuang sangat bangga untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia, walaupun harus mempertaruhkan nyawa mereka sendiri, lalu untuk apa kemerdekaan itu sekarang?, bangsa Indonesia seakan-akan menginjak-injak dan meremehkan jasa para pahlawan. Sudah 70 tahun Indonesia merdeka, tapi apakah Indonesia telah merdeka sepenuhnya?, apakah rakyat Indonesia telah mencapai kemerdekaan dari kemiskinan?, apakah Indonesia telah merdeka dari kebodohan?, Indonesia memang telah memenuhi unsur deklaratif, yaitu pengakuan dari negara lain, tapi Indonesia belum merdeka jika dilihat dari politik, pendidikan, kesejahteraan, dan ekonomi. Bukan negara lain yang menilai negara kita sudah merdeka atau belum, yang menentukan merdeka atau tidak negara kita adalah kita sendiri bangsa Indonesia.


                Merdeka bukan hanya berarti bebas dari penjajah, merdeka juga berarti hak kita untuk menjaga bangsa kita agar tak terjadi konflik antar negara, bahkan antar rakyat Indonesia sekalipun. Bahkan sekarang banyak konflik yang terjadi di Indonesia karena perbedaan agama, banyak agama yang menganggap agama mereka adalah agama yang paling benar sehingga menganggap agama yang lain adalah agama yang salah, lalu kalau hanya karena agama saja bisa menimbulkan konflik, maka tidak akan ada lagi yang mau bertatap muka, bersalaman, bahkan tersenyum jika bertemu dengan orang yang tidak menganut kepercayaan yang sama dengan kita, bahkan tidak menutup kemungkinan Indonesia akan terpecah belah menjadi beberapa bagian sesuai dengan kepercayaan yang dianut masing-masing. 


                 Indonesia harus berubah kita harus bersatu, berpegangan tangan untuk membangun bangsa kita lagi, kita boleh bermimpi suatu saat nanti Indonesia akan sejahtera dan makmur, tapi apa gunanya kalau hanya bermimpi?, kita harus buktikan bahwa bangsa kita bukan bangsa yang mudah untuk diinjak-injak, kita bangsa yang besar yang menjunjung tinggi kerukunan antar sesama. kita mempunyai pancasila sebagai dasar bangsa kita. KITA BANGSA BESAR YANG SATU





Tidak ada komentar:

Posting Komentar